Strategi Pembelajaran
Berdasarkan Model Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah cara yang dilakukan untuk menyelesaikan persoalan
pembelajaran secara menyeluruh. Pilihan pendekatan pembelajaran akan menentukan
variasi metode, media dan pola pengelompokan subyek belajar. Pada akhirnya
pilihan pendekatan berpengaruh pula pada cara evaluasi.
Tiga model
pendekatan pembelajaran utama yaitu: (1) Model pendekatan induktif, (2) Model
pendekatan deduktif, dan (3) model pendekatan proses.
Teori
Belajar yang Melandasi Pemilihan Model Pendekatan Pembelajaran
1.
Teori Ausubel
Belajar bermakna akan
terjadi bila konsep baru dikaitan dengan konsep yang sudah ada dalam struktur
kognitif. Konsep-konsep baru tersebut dalam struktur kognitif akan mengalami difrensiasi
progresif, sedangkan penyesuaian konsep dalam struktur kognitif bersifat
integratif. Dengan demikian faktor terpenting yang mempengaruhi keberhasilan
belajar adalah apa yang telah diketahui siswa sebelumya.
Teori ini selanjutnya
dikenal dengan teori kognitif.
Sebelum
konsep baru diberikan, struktur kognitif telah disiapkan maka integrasinya
merupakan pengetahuan baru yang bermakna, dikenal dengan Meaningful learning, namun jika konsep baru tidak dapat
berintegrasi dengan strukur awal, maka pengetahuan baru mudah dilupakan karena
hanya di hafalkan belaka (dikenal dengan belajar hafalan atau rote leaning).
Teori belajar susubel bersifat deduktif.
Proses
Pembelajaran menurut Ausubel :
PBM
AUSUBEL
Klarifikasi dan
seleksi konsep
Sistematika
konsep
Strukturisasi
konsep ( peta konsep )
Perencanaan
mengajar
2. Teori
belajar Robert Gagne
Belajar
menurut gagne adalah suatu proses perubahan perilaku. Peubahan perilaku ini
bersifat hirarki dan prerequister. Artinya perubahan perilaku harus dimulai
dari hal-hal yang bersifat sederhana sampai pada hal yang bersifat komplek.
Seseorang tidak mungkin belajar sesuatu yang komplek tanpa diawali kemampuan
pada sesuatu yang sederhana. Sebagai contoh, anak akan bisa berjalan bila sudah
bisa berdiri.
Teori
gagne menekankan pada proses untuk membangun konsep. Agar proses ini tidak
salah jalan diperlukan panduan yang jelas selangkah demi selangkah.
Implikasinya dalam pembelajaran adalah adanya analisis kegiatan sebelum pembelajaran
berlangsung, mulai dari tugas sederhana sampai tugas komplek.
3. Teori
belajar Brunner
Teori
belajar bruner lebih dikenal dengan istilah Dicovery
Learning. Teori ini menyatakan bahwa belajar merupakan suatu proses
mencari, bukan menyapaikan atau menghafalkan
Setiap
peristiwa belajar memuat 3 hal secara simultan yaitu:
1. Kegiatan
mendapatkan informasi baru
2. Transformasi
informasi menjadi bentuk pengetahuan
3. Mengevaluasi
/ mempertimbangkan apakah informasi yang diperoleh tepat atau tidak untuk
membentuk suatu konsep baru.
Aplikasi
teori belajar Brunner dalam pembelajaran nampak dalam kegiatan sebagai berikut
:
PEMBELAJARAN MENURUT
BRUNNER
Identifikasi persoalan
Identifikasi cara
memecahkan persoalan
Rumuskan hasil
Kemangkan pada persoalan
baru
1.
MODEL
PENDEKATAN INDUKTIF
Ciri
utama model pendekatan induktif dalam pengolahan informasi adalah menggunakan
data untuk membangun konsep atau untuk memperoleh pengertian. Data yang
digunakan mungkin merupakan data primer atau dapat pula menggunakan data
sekunder. Data yang dimaksud dapat merupakan angka-angka atau dapat pula berupa
kasus-kasus riel yang terjadi di lingkungan.
2.
MODEL
PENDEKATAN PENCAPAIAN KOSEP (Concept Learning)
Konsep
learning merupakan suatu proses alami bagi semua orang untuk segala usia.
Belajar memperoleh konsep berawal dari melihat adanya persamaan dan perbedaan
dari suatu obyek, membuat katagori yang berbasis pada kesamaan ciri dan
membangun suatu abstraksi atau konsep.
3.
STRATEGI
PEMBELAJARAN MODEL TABA
Merupakan pengembangan
dari model induktif. Ciri utama model ini adalah pendekatan proses (process approach). Langkah
perencanaannya adalah :
a. Identifikasi
tujuan pembelajaran
b. Membuat
tabel data pengamatan
Implementasi model TABA
:
a. Listing
b. Grouping
c. Labeling
d. Data
colecting
e. Generalizing
f. Explaining
g. Predicting
h. Closure
4.
STRATEGI
PEMBELAJARAN MODEL DEDUKTIF
Model ini dilandasi
suatu pemikiran bahwa proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik bila
siswa telah mengetahui wilayah persoalannya dan konsep dasarnya
Perencanaan model
deduktif meliputi :
a. Indentifikasi
tujuan pembelajaran
b. Menyiapkan
konsep dan contoh-contohnhya
5.
STRATEGI
PEMBELAJARAN MODEL AUSUBEL
Ditandai dengan peta
konsep yang disiapkan guru. Peta konsep menggambarkan hubungan antar konsep dan
memperlihatkan hirarki konsep.
Langkah perencanaan
model ini adalah :
a. Membuat
tujuan pembelajaran
b. Membuat
urutan dan hirarhi materi
c. Mengorganisasi
konsep atau membuat peta konsep
6.
STRATEGI
PEMBELAJARAN INQUIRY MODEL SUCHMAN
Ditandai dengan proses
pemecahan masalah melalui tahap prosedur ilmiah yaitu :
a. Identifikasi
masalah
b. Merumuskan
hipotesis
c. Mencari
data untuk membuktikan hipotesis
d. Merevesi
hipotesis
e. Mengulang
langkah 3 dan 4 sampai hipotesisnya terbukti atau gagal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar